SUTET KEINDAHAN DAN KEANGKUHAN

 

Sutet di sawah desa Cengkoak Cirebon
Sumber : foto Yayan Henri Danisukmara


"Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum"

Perambanan MAW 


Mungkin dalam satu kesempatan kita pernah menyaksikan adanya menara listrik yang menyala, dan dengan bentuk yang berbeda-beda.   Itulah yang dinamakan SUTET (Saluran Tegangan Ekstra Tinggi) yang menghantarkan listrik dari satu daerah ke daerah lainnya, tentunya dari daerah penghasil listrik baik dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan pembangkit listrik yang lainnya, mungkin yang belum ada di Indonesia adalah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, karena masih menuai berbagai kontra dari masyarakat, utamanya yang berada di daerah Pembangkit tersebut.

SUTET  dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan kapasitas tegangan listriknya, yaitu:

SUTET 150 kV (kilovolt)

SUTET 275 kV

SUTET 500 kV

SUTET 765 kV

Semakin tinggi tegangan SUTET, semakin jauh jarak yang dapat dicapai dan semakin banyak daya yang dapat ditransmisikan. Namun, dengan begitu semakin tinggi juga risiko dan dampak lingkungan yang mungkin ditimbulkan.

Menurut beberapa sumber ada catatat kemungkinan dampak buruk dari SUTET, seperti berikut ini :

  1. Pencemaran visual: SUTET dapat mengganggu keindahan pemandangan dan lanskap di sekitarnya.
  2. Gangguan suara: SUTET dapat menyebabkan gangguan suara yang merusak lingkungan dan kesehatan manusia.
  3. Dampak elektromagnetik: SUTET dapat menghasilkan medan elektromagnetik yang dapat berdampak negatif pada kesehatan manusia dan hewan.
  4. Risiko kebakaran: SUTET dapat meningkatkan risiko kebakaran di sekitar daerah yang dilalui olehnya.
  5. Dampak terhadap satwa liar: Konstruksi dan operasi SUTET dapat memengaruhi habitat dan migrasi satwa liar, serta dapat berdampak negatif pada keberlangsungan hidup mereka.

Biasanya daerah yang akan dilintasi oleh SUTET, telah diberikan sosialisasi mengenai hal hal yang harus diwaspadai dari adanya jaringan tersebut. Kemudian juga darah yang dilintasi pun telah dibebaskan dan adanya larangan untuk menanam atau adanya bangunan di bawah SUTET secara langsung. Karena dampak yang tadi disebutkan di atas, akan membawa bahaya bagi manusia atau mahluk hidup lainnya, juga jika terjadi hal yang buruk pun akan berpengaruh pada pasokan listrik di daerah lain.

Sutet Lainnya Lokasi Tajur Buntu
Sumber : Foto Yayan Henri Danisukmara

Apa pun itu, kedua sisi dampak selalu menyertai pembangunan yang dilakukan, yang dapat kami lakukan adalah meminimalkan dampak negatif yang mungkin timbul. Oleh karena itu waspadalah selalu jika anda berada di lingkungan yang dilintasi oleh SUTET.

Komentar

  1. Gmn beda bentuk menara dengan besarnya tegangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ada berbagai bentuk menara sutet, sementara ada dua foto di tulisan ini yakni yang berbentuk tegak dan yang berbentuk seperti ketapel

      Hapus

Posting Komentar