Just another free Blogger theme

Recent Posts

Sabtu, 15 Januari 2022

Hari ini tanggal 15 Januari 2022 telah terjadi peristiwa longsor di desa Ciherang Sumedang. Belum ada kabar lanjutan mengenai data korban jiwa atau data kerusakan yang ditimbulkan. Dari video yang direkam dan dibagikan oleh warganet sudah pasti tampak kerusakan luasan sawah yang memang berada di bawah tebing atau sisi dari bukit itu.

Yang membuat saya tambah prihatin, sisi dinding bukit itu memang sudah menampakan kemungkinan besar akan longsor. Makanya saya pun iseng memfoto dari kamera hp (28 Desember 2021), walau pun hasil gambar tidak maksimal karena saya memfoto dari kendaraan yang tetap melaju. Dari penampakan tersebut, sudah ada tanda longsor hanya saja belum gugur semua material yang menggantung di sisi bukit tersebut.

Di bawah sisi bukit tersebut terhampar sawah, yang tampak belum lama ditanam. Indah memang pemandangan tersebut, apalagi hamparan sawah tersebut tepat berada di atas aliran sungai. Sungai itu pun, kalau saat kemarau tidak terlihat deras dan tampak hiasan bebatuan. Tapi saat hujan maka aliran sungai berubah menjadi berwarna coklat, yang menandakan banyak membawa material tanah yang mungkin terkikis karena erosi dari berbagai aliran di bagian hulu nya.

Kini longsor besar itu telah terjadi, semoga tidak menimbulkan korban dan menjadikan kita lebih waspada musim hujan saat datang beriring banjir ataupun tanah longsor. Dari sini membuat kita sadar akan bencana tersebut, tidak saja saat terjadinya. Tetapi lebih bersifat evaluasi untuk solusi itu di saat belum terjadi atau antisipasi ke depannya.


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar